Selasa, 23 September 2008

LIBUR TELAH TIBA............. MARI BELAJAR DARI LINGKUNGAN

Tak terasa sekarang dah memasuki masa liburan sekolah dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1429 H . Libur yang cukup lama ini dimulai dari tanggal 24 September sampai dengan 9 Oktober teras amat panjang dan berarti banget untuk memulihkan dan khusukan ibadah puasa sekaligus waktu bagi yang tepat untuk pulang kampung ...(agak aneh juga ya bikin dosa di sini , tapi minta maafnya di kampung) yang mungkin menjalin silahturahmi dengan leluhur dan sedulur.
Bagi kalian para siswa , manfaatkan libur ini dengan baik dan benar, mengapa ? karena bagi sebagian siswa libur dianggap sebagai kebebasan dan kemerdekaan sehingga dapat berbuat dan melakukan apa saja . kadangkala hal ini merugikan diri sendiri , seperti main petasan yang berakibat pada tawuran antar kampung sehingga akibat yang ditimbulkan tidak jarang menimbulkan korban jiwa ( kasus di ciputat) .....
Libur bukan berrati melupakan fitrah kita sebgai pelajar, karena belajar bukan hanya terbatas di dalam kotak kelas saja tetapi juga di seluruh tempat. Belajar bukan hanya mata pelajaran atau belajar akademik , namun juga belajar tetnag hidup dan kehidupan di masyarakat. Belajar menghargai sesama manusia merupakan pelajaran dasar yang perlu dipahami, karena merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan sebagai manusia . Hal lain adalah bagai mana kita dapat berbagi dan dapat berempati ( tau ga) kepada lingkungan , dalam ajaran islam sangat jelas bahwa memberi dan berbagi sangat mulia, sehingga jika ada tetangga dekat kita yang menderita atau tertimpa musibah wajib hukumnya bagi kita untuk menolong.
Dari sisi IPA belajar di masyarakat dapat diterapkan dengan menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan. Membuat biopori dan menanam/ merawat pohon merupakan hal yang sangat sederhana yang dapat kita lakukan dalam mengurangi akibat pemanasan global. Selain itu membereskan kamar ataupun rumah dari sampah juga merupakan hal yang sangat membantu dalam kesehatan lingkungan..
masih banyak lagi hal lain yang dapat kamu pelajari dan terapkan di masyarakat, ga perlu yang rumit, ga perlu yang susah dan ga perlu lebay, ................ yang penting mari berbuat yang sederhana yang hasilnya dapat terasa dan membantu masyarakat , and so guys lets rock.........................!!!!!!!!!!!!!!!!!! Terakhir met libur dan met IDUL FITRI 1429 H

Tidak ada komentar: